Minggu, 19 Maret 2017

tugas1 : Perekonomian Indonesia



Nama : Niluh Putu Aprila P.K
Kelas  : 1eb03
Npm   : 25216432
1.      Apa yang dimaksud dengan:
- Sistem: sekelompokan elemen yang berhubungan saling berinteraksi dan bekerja   sama untuk mencapai suatu tujuan dimana bentuk sistem bisa apa saja dan berada dimana saja.
- Sistem ekonomi: sistem perekonomian merupakan bagian dari tata kelola negara dalam menjalankan fungsinya pada bidang ekonomi dengan tujuan untuk kesejahtraan rakyat.

2.      Sebutkan dan jelaskan 5 macam sistem perekonomian indonesia!
a.sistem ekonomi tradisional
b.sistem ekonomi pasar
c.sistem ekonomi sosialis
d.sistem ekonomicampuran
e.sistem ekonomi islam

3.      Antara sistem ekonomi dan sistem politik dapat diibaratkan dua sisi mata uang yang berbeda setujukah anda akan hal tersebut jelaskan argumentasi anda baik  setuju atau tidak!
Saya sanagt setuju dengan pernyataan tersebut karna memang hubungan antara ekonomi dan politik tidak dapat dipisahkan. Terlepas ekonomi terselip dalam setiap elemen kenegaraan, hubungan antara ekonomi dan politik menjadi hal yang saling berkaitan satu sama lain.Perlunya pemahaman seorang ahli ekonomi akan bidang politik perlu ditanamkan. Paling tidak harus memiliki pemahaman terkait antara hubungan ekonomi dengan politik.Dalam dunia nyata, ekonomi tidak terlepas dari politik, itu dua sisi satu mata uang. Memang kita nggak bisa mengajarkan politik di Fakultas Ekonomi tapi terkait satu sama lain itu harus ditanamkan.
Tidak hanya itu, mahasiswa seperti saya yang melakukan studi ekonomi juga perlu membuka diri akan praktik keilmuan lainnya guna mendukung analisis kebijakan ekonomi di masa mendatang.
Keterbukaan diri seorang individu mampu menambah pandangan yang lebih dalam akan praktik dan permasalahan ekonomi yang akan terjadi.Dalam praktik, kita harus tahu ilmu hukum, harus tahu ilmu  politik, bahkan harus tahu sejarah. Jangan memyempitkan pandangan kita sebagai mahasiswa ekonomi, nanti bisa jadi kurang berguna dalam dunia nyata. Seperti halnya uang yang tidak akan laku bila hanya ada gambar dalam satu sisi saja, demokrasi pun tidak akan tegak tanpa ekonomi liberal, ekonomi liberal juga tidak akan tegak tanpa demokrasi. Oleh sebab itu kita mahasiswa harus lebih giat belajar dalam segala hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar