MANAJEMAN PEMASARAN
Kata manajemen sering di definisikan
sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai
target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran
yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai
ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi
pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi.Jadi kata
Manajemen Pemasaran merupakan alat
analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu
memperoleh laba.Dan ada pula yang disebut
dengan konsep manajeman pemasaran ,konsep pemasaran bertujuan memberikan
kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen.
Seluruh kegiatan dalam
perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan
tersebut.Secara definitif dapat dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah
falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan
syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Elemen Penting dalam Konsep
Pemasaran antara lain :Market oriented berorientasi pada keinginan
Konsumen,Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu,Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen.Konsep Manajemen pada
hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka
untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen. Karna tujuan dari memproduksi suatu
produk itu sendiri adalah untuk kepuasan konsumen.
Daftar pustaka: https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
Kotler,
1980
Stanton, 1978
Tidak ada komentar:
Posting Komentar